Pages

Senin, 01 September 2014

Asal - usul Es Goyobod MinumanTradisional Khas Garut Jawa barat

Asal-usul Es Goyobod Minuman Jadul Khas Garut Jawa Barat

Mengenal asal - usul minuman khas yang tidak kalah menariknya ini berasal dari Jawa Barat. Minuman ini adalah Es Goyobod yang memiliki keunikan karena adanya adonan sagu aren yang dicampur dengan hunkwe, sehingga memberikan ciri khas tersendiri dibanding dengan jenis minuman lainnya. Minuman ini sudah banyak di lupakan orang karena banyaknya kuliner-kuliner modern.



Jika ditinjau dari asal-usulnya Es Goyobod sudah ada sejak tahun 1943 atau pada jaman penjajahan Belanda, dan diciptakan oleh seseorang yang bernama Aca. Namun karena peristiwa besar dan bersejarah Bandung lautan api, maka sang penemu Es Goyobod tersebut pulang kekampungnya, di Garut ia pun kembali menjajakannya.

Arti kata dari Goyobod itu sendiri adalah basah kuyup yang berasal dari bahasa Sunda, dan seperti es campur, es ini juga terdiri dari beraneka ragam bahan  yaitu kolang-kaling, peuyeum, kelapa muda, susu, roti tawar dan lain-lain sebagai pelengkapnya.
Demi melestarikan kuliner tradisional ini maka kami berusaha semaksimal mungkin untuk mempertahankan kudapan yang satu ini, Mungkin bagi anda yang diluar daerah Jawa Barat jarang untuk bisa mendapatnya kini telah hadir di Purwakarta tepatnya di Jl. Ipik Gandamanah Munjuljaya atau sebelah Alfa midi, sehingga jika anda penasaran ingin mencicipinya silahkan anda datang ke tempat tersebut

1 komentar:

  1. youtube【VIP】totogemulan las vegas【VIP】live music
    live music stream youtube,URL: best youtube to mp3 【6718239.com】 ,live music stream,Url: 【6718239.com】,live music stream youtube,Url: 【6718239.com】,live music stream youtube,Url: 【6718239.com】,live music stream youtube,Url:

    BalasHapus